Cari Blog Ini

Kamis, 14 April 2011

2 Windows XP vs Windows 7


dengan sistem operasi andalan dari Microsoft ini. yang dimulai dengan pemunculan era Windows 3.0 pada tahun 1990. ok,kita gak akan membahas sejarah Windows disini mungkin ditulisan saya lain kali aja ya...

dan hingga saat ini kita telah mengenal Windows dengan berbagai kemudahan dan keunggulan dari versi ke versi salah satunya yang akan saya bahas disini nanti yaitu, 2 produk Microsoft Windows yang sangat terkenal Windows XP dan Windows 7, nah disini nanti saya coba membandingkan sedikit kedua versi tersebut.



Pertama, Windows XP atau Windows ExPerience yang dirilis pada tahun 2001 dengan nama kode "Whistler" yang merupakan hasil gabungan dari windows 9x dengan Windows 2000, yang masih eksis hingga tahun 2007 dan update terakhir dengan Windows XP SP3. adapun versi dari Windows XP yang di kenal dipasaran adalah

Home Edition, Professional Edition, Media Center Edition dan Professional x64 Edition.



dan penantangnya



Kedua, Windows 7 yang dirilis pada tahun 2009 dengan kode "Vienna" yang merupakan hasil pengembangan yang sangat profesional dari Microsoft, hingga melahirkan sebuah sistem operasi yang layak disebut Best of the Best Windows, yang masih eksis hingga sekarang dan rencana akan muncul Windows 7 SP1 pada pertengahan 2011 nanti. adapun versi dari windows 7 adalah Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 7 Enterprise.




Perbandingan Windows XP dan Windows 7

ok!sebelum mulai kita membandingan perlu diketahui, spesifikasi komputer yang saya gunakan sebagai pembanding untuk keduanya adalah sama, dan saya rela menginstal ulang windows Fresh Instalation, agar mendapatkan hasil yang obyektif untuk keduanya. yaitu :

-Prosesor       : Intel Pentium 4 kecepatan 2.66 GHZ FSB 533 soket 478
-Main Board  : Gigabyte GA-8I848E (-L) dengan Chipset Intel I-848-P
-RAM            : 3x 512 MB DDR1 PC 3200
-Hardisk         : WD 40 GB
-VGA             : ATI Radeon 9600 256 MB 128 Bit
-Sound Card   : CMI-8738
-Power Suppy : 500 Watt



yang mungkin bagi anda adalah merupakan komputer tua untuk ukuran tahun 2010,,,hehehe tapi saya bangga dengan.



oke!kita mulai perbandingannya



untuk Instalasi XP: Windows XP lebih lama untuk proses instalasinya 30 menit. dan membutuhkan ruang untuk windows sekitar 1,5 GB

untuk Instalasi 7 : Windows 7 berjalan lebih cepat untuk proses instalasinya 15 menit,WOW!! membutuhkan ruang untuk windows sekitar 9 GB


untuk Tampilan XP: Windows XP masih ada kekurangan pada efek efek desktopnya dan efeknya tidak kelihatan begitu menonjol.

untuk Tampilan 7: Windows 7 memiliki banyak sekali efek untuk tampilannya, salah satunya adalah Aero Glass, kalau boleh saya katakan untuk urusan tamilan windows 7 lebih optimal sekali untuk urusan efeknya.



untuk MultiTasking XP: untuk urusan multitasking,Windows XP kadang masih mengalami error atau Hang, kalau saya membuka aplikasi banyak, yaitu 6 program secara bersamaan.

untuk MultiTasking 7: untuk urusan multitasking, Windows 7 tidak ada masalah, bahkan saya pernah coba buka 6 aplikasi  secara bersamaan, windows 7 tetap dengan enteng berjalan normal dan tidak hang.


untuk Kecepatan XP:untuk ukuran kecepatan, padahal menggunakan ruang 1,5 GB dan dengan spesifikasi komputer diatas tapi kadang masih terjadi Blue Screen Of Dead (BSOD). dan sering Not Respond, oh no

untuk Kecepatan 7 :untuk kecepatan padahal dengan spesifikasi komputer sama, dan membutuhkan ruang 9 GB, tapi windows 7 berjalan sangat bagus dan ada yang bilang bahwa windows 7 membutuhkan hardware yang super besar, tapi nyatanya dengan spesifikasi komputer saya diatas, windows 7 berjalan sangat cepat dan lebih stabil dari XP. BSOD hampir tidak pernah muncul.WOW!!


untuk Multimedia XP: dengan menggunakan Microsoft Directx 9.0, saya rasa masih kurang untuk Film, music bahkan untuk bermain game kurang tajam.


untuk Multimedia 7: dengan didukung Microsoft Directx 11, memang sangat fantastis untuk ukuran komputer saya tadi, lebih tajam dan lebih jelas. bahkan untuk bermain game lebih nyata.

(adapun game yang saya coba untuk keduanya adalah The Sims 2 Deluxe Edition, Operation FlashPoint, Soldier :Heroes World War II, Age Of Empires 3,Age Of Empires I dan II, Delta Force, etc)


untuk Kompatibel XP:windows XP memiliki kompatibel yang sangat bagus.hampir tidak ada masalah.

untuk Kompatibel 7:walau merupakan windows generasi terbaru tapi untuk urusan kompatibel dengan software maupun hardware lama masih sangat bagus.


nah, demikian sebuah perbandingan kecil hasil pengalaman saya antar kedua keluarga Microsoft Windows yang terkenal tersebut dengan hardware yang  boleh dikatakan tua untuk ukuran tahun 2010.
Ok!Thank You..semoga bermanfaat untuk sobat AKATSUKI KALIBOKOR'S GANK

Intinya adalah apa pilihan anda XP or 7
SHARE TWEET

2 comments:

Unknown mengatakan...

XP banget ...

sedikit menambahkan kalo XP lebih mudah untuk setting jaringan ketimbang 7, mudah dan simple....

sukses selalu

Unknown mengatakan...

The Elf@yupz saya juga sependapat ..
coz saya juga menggunakan OS WinXP hehehe

sukses buatmu juga sobat :D

Posting Komentar

Tolong yah Kawan untuk berbagi komentar anda di blog saya, satu kata yang anda tulis sejuta pahalanya bagi anda ^^v